Soal Bahasa Indonesia UAS/PAS Kelas 7 SMP Semester 1
Soal Bahasa Indonesia UAS/PAS Kelas 7 SMP Semester 1 – SOAL INI MERUPAKAN SOAL LATIHAN YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK LATIHAN SEBELUM PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS), SOAL LATIHAN INI TERDIRI DARI 20 (DUA PULUH) BUTIR, SOAL INI BERUPA SOAL PILIHAN GANDA.
DALAM PEMBUATAN SOAL LATIHAN INI, ADMIN LS MUNGKIN MASIH MEMILIKI KEKURANGAN DALAM MENYUSUN SOAL-SOAL TERSEBUT SEHINGGA ADMIN LS MEMBUTUHKAN SARAN DAN KRITIK ATAUPUN ULASAN (KASIH KOMENTAR DI KOLOM KOMENTAR YAA) KARENA ITU SANGAT DIBUTUHKAN ADMIN LS. TERIMA KASIH.
SEMOGA BERMANFAAT
JANGAN LUPA YA...KOMEN DAN FOLLOW BLOG LS (LABORATORIUM SOAL) INI, KARENA KOMENTAR (KRITIK DAN SARAN) KALIAN BERMANFAAT SEKALI UNTUK MEMAJUKAN BLOG LS (LABORATORIUM SOAL) INI
1. Hamparan sawah membentang sangat luas. Padi terlihat merunduk berayun-ayun meliuk-liuk ditiup angin. Ada beberapa anak bermain-main di sawah tersebut. Aktivitas mereka mengusir burung pipit yang hendak memakan padi. Ada juga anak yang bermain layang-layang. Suara gemericik air di saluran air menambah indahnya suasana persawahan tersebut.
Kekurangan yang terdapat dalam kutipan laporan di atas adalah ....
A. banyak terdapat kesalahan ejaan
B. objek yang dilaporkan tidak jelas
C. bahasa yang digunakan tidak jelas sehingga sulit dipahami
D. tidak dituliskan dengan jelas di mana lokasi alamat persawahan
2. Karangan yang menggambarkan suatu hal atau keadaan disebut teks ....
A. observasi
B. deskripsi
C. eksposisi
D. eksplanasi
3. Di bawah ini yang tidak termasuk struktur teks deskripsi adalah ....
A. identifikasi
B. deskripsi bagian
C. klasifikasi/definisi
D. deskripsi manfaat
4. Teks deskripsi yang menggambarkan sesuatu berdasarkan sifat/kesan yang muncul seperti sedih, gembira, indah, elok, eksotis, dan sebagainya, disebut ....
A. teks deskriptif ojektif
B. teks deskriptif sugestif
C. teks deskriptif subjektif
D. teks deskriptif eksplanatori
5. Teks deskripsi yang menggambarkan sesuatu sesuai dengan fakta seperti tempat, orang, suasana disebut ....
A. teks deskriptif ojektif
B. teks deskriptif sugestif
C. teks deskriptif subjektif
D. teks deskriptif eksplanatori
6. Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo (Gayo Lues) yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tari saman menggunakan bahasa Gayo. Dalam beberapa literatur, tari saman di Aceh diciptakan dan dikembangkan oleh Syekh Saman. Ia adalah seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam sidang ke6 komite Antar-Pemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Bali, 24 November 2011.
Gagasan utama paragraf di atas yang tepat adalah ....
A. Tari Saman ditampilkan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat.
B. Syair dalam tari Saman mempergunakan bahasa Gayo.
C. Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia.
D. Tari saman adalah sebuah tarian suku Gayo (Gayo Lues) yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat.
7. Hari pertama masuk sekolah, aku segera berlari menuju ruang kelasku. Ruang kelas 7A, terletak di sebelah ruang guru. Ruang kelasku berukuran sekitar 6 x 6 meter, sehingga cukup luas untuk menampung sekitar 25 orang murid. Yang aku senang dari ruang kelasku adalah keadaannya yang dingin karena di dalamnya terdapat AC. Di ruang kelasku selain ada kursi dan meja untuk para siswa, juga ada sebuah meja guru di pojok depan. Di atas meja itu ada sebuah vas bunga berisi beberapa tangkai bunga plastik. Ada juga beberapa hiasan dinding yang terpasang rapi, seperti lukisan pemandangan, lukisan pahlawan, dan tak lupa foto presiden dan wakil presiden serta serta lambang negara Garuda Pancasila.
Isi teks di atas menggambarkan tentang ....
A. ruang guru
B. ruang kelas
C. gedung sekolah
D. perpustakaan sekolah
8. Di atas meja guru terdapat vas bunga. Arti kata vas berdasarkan konteks kalimat di atas adalah ....
A. pot bunga
B. hiasan bunga di atas meja
C. tempat untuk menanam bunga
D. tempat untuk meletakkan bunga
Teks untuk soal nomor 29-31.
Tari Saman
Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo (Gayo Lues) yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tari saman menggunakan bahasa Gayo. Dalam beberapa literatur, tari Saman di Aceh diciptakan dan dikembangkan oleh Syekh Saman. Ia adalah seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusiadalam sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Bali, 24 November 2011.
Tari saman biasanya ditampilkan tidak menggunakan iringan alat musik, tetapi menggunakan suara dari para penari. Selain itu, tepuk tangan para penari berfungsi sebagai sinkronisasi saat menghempaskan badan ke berbagai arah. Tarian ini dipandu oleh seorang pemimpin yang lazimnya disebut syekh. Penari dituntut utuk memiliki konsentrasi yang tinggi dan latihan yang serius agar dapat tampil dengan sempurna dan kompak.
Nyanyian para penari menambah kedinamisan dari tarian saman. Cara menyanyikan lagu-lagu dalam tari saman dibagi dalam 5 macam. Pertama, regnum, yaitu auman yang diawali oleh pengangkat. Kedua, derig, yaitu regnum yang segera diikuti oleh semua penari. Ketiga, redet, yaitu lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari. Keempat, syek, yaitu lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak. Kelima, saur, yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo.
9. Struktur teks deskripsi “Tari Saman” adalah ....
A. judul, kalimat topik, deskripsi
B. identifikasi, deskripsi umum, deskripsi bagian
C. definisi umum, definisi penjelas, definisi manfaat
D. judul, rincian umum, rincian penjelas, kesimpulan
10. Kesimpulan isi teks deskripsi “Tari Saman” di atas adalah ....
A. Tari saman ditampilkan hanya untuk merayakan peristiwa penting dalam adat. Tari saman menggunakan alat musik, tepuk tangan, dan nyanyian para penari.
B. Tari saman menggunakan alat musik, dengan suara tepuk tangan dan nyanyian para penari. Tari saman ditampilkan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat.
C. Nyanyian para penari menambah kedinamisan tari saman. Tari saman ditampilkan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat. Tari saman menggunakan alat musik, dan suara tepuk tangan dan nyanyian penari.
D. Tari saman ditampilkan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat. Tari saman tidak menggunakan iringan alat musik, tetapi dengan suara tepuk tangan dan nyanyian para penari. Nyanyian para penari menambah kedinamisan.
11. Ciri bahasa yang digunakan pada teks deskripsi “Tari Saman” adalah ....
A. Menggunakan kata sifat dan kerja aktif.
B. Menggunakan kata sifat dan kata sambung sebab-akibat.
C. Menggunakan kata sambung sebab-akibat dan kata sifat.
D. Menggunakan kata keterangan, kata sifat dan kata kerja aktif dan pasif.
Perhatikan teks berikut ini, untuk soal nomor 32-34!
Tari Pendet diciptakan oleh seorang maestro tari dari Bali yaitu I Wayan Rindi (1967), I Wayan Rindi menjadikan tari pendet sebagai penggubah tarian sakral yang bisa dipentaskan di pura setiap upacara keagamaan. Asal usul tari pendet diciptakan adalah untuk tari pemujaan yang banyak dipentaskan di Pura, tempat ibadah umat Hindu di Bali, Indonesia.
Inti gerakan tari pendet adalah untuk simbol penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, beberapa seniman di Pulau Bali mengubah Tari Pendet menjadi tarian ucapan selamat datang, tetapi tari pendet tetap mengusung unsur sakral dan religius yang menjadi ciri tari pendet.
Tapih (kain bagian dalam) berwarna hijau dengan motif crapcap. Cara penggunaan tapih sama halnya seperti memakai kain biasa, hanya saja ujung tapih ditaruh dibelakang dan harus menutupi mata kaki penari. Kamen berwarna merah dengan motif keemasan dengan pemakaian kamen biasa. Cara penggunaan kamen atau kain pada tarian ini sama dengan penggunaan kamen pada umumnya. Angkin prada berwarna kuning dan memakai motif tumpeng. Selendang berwarna merah tanpa motif yang dililit di badan penari. Rambut disasak, menggunakan pusung gonjer. Menggunakan bunga kamboja, bunga mas, dan bunga cempaka. Penggunaan properti pada tari pendet menggunakan bokor yang pada pinggiran bokor tersebut dihiasi dengan ornamen janur (daun kelapa yang masih muda dan berwarna kuning) (diakses di www.google.com)
12. Penulisan bagian identifikasi berdasarkan teks deskripsi di atas yang tepat adalah....
A. Tari Pendet diciptakan oleh seorang maestro tari dari Bali yaitu I Wayan Rindi (1967).
B. I Wayan Rindi menjadikan tari pendet sebagai penggubah tarian sakral yang bisa dipentaskan di pura setiap upacara keagamaan.
C. Asal usul tari pendet diciptakan adalah untuk tari pemujaan yang banyak dipentaskan di Pura, tempat ibadah umat Hindu di Bali, Indonesia.
D. Inti gerakan tari pendet adalah untuk simbol penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia.
13. Kalimat yang menjadi bagian klasifikasi/definisi pada teks di atas yang tepat adalah ....
A. Tari Pendet diciptakan oleh seorang maestro tari dari Bali yaitu I Wayan Rindi (1967).
B. I Wayan Rindi menjadikan tari pendet sebagai penggubah tarian sakral yang bisa dipentaskan di pura setiap upacara keagamaan.
C. Asal usul tari pendet diciptakan adalah untuk tari pemujaan yang banyak dipentaskan di Pura, tempat ibadah umat Hindu di Bali, Indonesia.
D. Inti gerakan tari pendet adalah untuk simbol penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia.
14. Kalimat yang menjadi deskripsi bagian pada teks di atas yang tepat adalah ....
A. Tari Pendet diciptakan oleh seorang maestro tari dari Bali yaitu I Wayan Rindi (1967).
B. I Wayan Rindi menjadikan tari pendet sebagai penggubah tarian sakral yang bisa dipentaskan di pura setiap upacara keagamaan.
C. Asal usul tari pendet diciptakan adalah untuk tari pemujaan yang banyak dipentaskan di Pura, tempat ibadah umat Hindu di Bali, Indonesia.
D. Tapih (kain bagian dalam) berwarna hijau dengan motif crapcap. Cara penggunaan tapih sama halnya seperti memakai kain biasa, hanya saja ujung tapih ditaruh dibelakang dan harus menutupi mata kaki penari.
15. (1) Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. (2) Penyakit ini disebabkan virus dengue yang dirularkan oleh nyamuk Aedes Aegipty. (3) DBD masih menjadi persoalan serius karena dapat menjadikan wabah di saat-saat tertentu yang sulit diprediksi. (4) Pemerintah telah menetapkan penyakit ini sebagai golongan penyakit endemi yang menular.
Kata penghubung yang menyatakan hubungan sebab-akibat terdapat pada kalimat bernomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
16. Tari Saman
Tari saman adalah sebuah tarian suku Gayo (Gayo Lues) yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat.
Tari saman biasanya ditampilkan tidak menggunakan iringan alat musik, tetapi menggunakan suara dari para penari.
Nyanyian para penari menambah kedinamisan dari tari saman.
Struktur teks deskripsi di atas adalah ....
A. judul, kalimat topik, deskripsi
B. judul, tesis, argumen, penutup
C. definisi umum, definisi penjelas, definisi manfaat
D. judul, rincian umum, rincian penjelas, kesimpulan
17. Bacalah teks berikut ini!
Batik Megamendung
Batik megamendung merupakan salah satu karya cipta seni batik Cirebon. Hiasan batik megamendung berbentuk awan tanpa ada garis putus. Motif batik seperti awan ini sangat indah dan eksotis. Motif megamendung memiliki nilai sejarah dan filosofis tentang kehidupan manusia secara utuh. Oleh karena itu, keindahan batik megamendung menjadi salah satu khazanah seni Indonesia yang dikagumi sampai ke mancanegara.
Teks di atas termasuk jenis teks ....
A. deskripsi sugesti
B. deskripsi denotasi
C. deskripsi konotasi
D. deskripsi eksplanatori
18. Kota Cirebon merupakan penghasil batik terbesar di pesisir Utara Pulau Jawa. Batik Cirebonan ini sangat dipengaruhi karakter masyarakatnya yang sejak dahulu terbuka dan mudah menerima pengaruh budaya asing. Keterbukaan tersebut terlihat dari beragam warna batiknya yang lebih atraktif dalam batik tulis, batik cap, maupun batik kombinasi cap.
Motif Cirebonan berciri gambar perlambang hutan dan hewan, atau bergambar garuda yang dipengaruhi motif batik Yogyakarta dan Solo.
Teks di atas termasuk jenis teks ....
A. deskripsi sugesti
B. deskripsi denotasi
C. deskripsi konotasi
D. deskripsi eksplanatori
19. Kain tenun songket berasal daripada kerajinan masyarakat desa sukaharta memiliki motif yang amat sangat indah sekali.
Identifikasi kesalahan pada kalimat tersebut adalah ....
A. Pilihan kata dan keefektifan kalimat.
B. Pilihan kata dan penulisan huruf kapital.
C. Penulisan huruf kapital dan keefektifan kalimat.
D. Pilihan kata, penulisan huruf kapital, dan keefektifan kalimat.
20. Di antara kata berikut yang merupakan kata baku adalah ....
A. di makan
B. digunting
C. kupu kupu
D. tanggungjawab
21. Ujung Kulon adaah salah satu daerah konservasi. Hewan langka yang dilindungi di daerah ini adalah badak bercula satu. Lingkungan tempat hidup dan berkembang badak bercula satu ini benar-benar dikondisikan. Hal ini dilakukan agar hewan langka ini dapat hidup dalam ekosistem yang baik.
Paragraf di atas termasuk struktur ....
A. isi
B. penutup
C. pembuka
D. definisi umum
22. Kain tenun songket berasal daripada kerajinan masyarakat desa sukamaju memiliki motif yang amat sangat indah sekali.
Perbaikan kalimat berdasarkan identifikasi kesalahan pada teks di atas adalah ....
A. Kain tenun songkat berasal dari kerajinan masyarakat desa sukamaju memiliki motif yang amat sangat indah sekali.
B. Kain tenun songket berasal dari kerajinan masyarakat desa sukamaju memiliki motif yang indah sekali.
C. Kain tenun songket berasal dari kerajinan masyarakat desa Sukamaju memiliki motif yang indah sekali.
D. Kain tenun songket berasal dari kerajinan masyarakat Desa Sukamaju memiliki motif yang indah sekali.
23. Pantun termasuk seni sastra lama yang berasal dari kebudayaan melayu. pantun terdiri dari dua baris sampiran dan dua baris isi.
Perbaikan penggunaan ejaan yang tepat pada dua kalimat tersebut adalah ....
A. Pantun termasuk seni sastra lama yang berasal dari kebudayaan melayu. Pantun terdiri dari dua baris sampiran dan dua baris isi.
B. Pantun termasuk seni sastra lama yang berasal dari kebudayaan Melayu. Pantun terdiri dari dua baris sampiran dan dua baris isi.
C. Pantun termasuk seni sastra lama yang berasal dari Kebudayaan Melayu. pantun terdiri dari dua baris sampiran dan dua baris isi.
D. Pantun termasuk seni sastra lama yang berasal dari Kebudayaan Melayu. Pantun terdiri dari dua baris sampiran dan dua baris isi.
24. (1) Teknologi merupakan salah satu hasil peradaban manusia. (2) Teknologi lahir dari pemikiran manusia untuk mempermudah menyelesaikan permasalahan sehari-hari. (3) Salah satu teknologi yang sekarang ini ramai dibicarakan adalah nuklir. (4) Teknologi nuklir adalah teknologi yang melibatkan reaksi dari inti atom.
Gagasan utama teks di atas terdapat pada kalimat bernomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
25. Karakteristik teks eksposisi dapat dilihat dari beberapa faktor. Dilihat dari struktur teks, teks eksposisi terdiri dari bagian-bagian berikut ini, kecuali ....
A. judul
B. definisi
C. simpulan
D. pendahuluan
26. (1) Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. (2) Penyakit ini disebabkan virus dengue yang dirularkan oleh nyamuk Aedes Aegipty. (3) DBD masih menjadi persoalan serius karena dapat menjadikan wabah di saat-saat tertentu yang sulit diprediksi. (4) Pemerintah telah menetapkan penyakit ini sebagai golongan penyakit endemi yang menular.
Pada teks di atas terdapat penggunaan kata rujukan yaitu kata ....
A. oleh
B. yang
C. karena
D. penyakit ini
27. Berikut ini merupakan pernyataan yang berupa tesis (pembuka) dalam teks eksposisi adalah ....
A. Tidak ada kata terlambat untuk berolahraga.
B. Aktivitas fisik yang teratur di usia tua sangat penting agar seseorang tetap sehat.
C. Mark Hamer dari Universitas College London menganalisis informasi dari 3.454 orang lansia sehat.
D. Orang lanjut usia yang sebelumnya tidak aktif, masih bisa memetik manfaat kesehatan dari berolahraga.
28. (1) Tidak ada kata terlambat untuk berolahraga. (2) Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menyebutkan, orang lanjut usia yang sebelumnya tidak aktif, masih bisa memetik manfaat kesehatan dari berolahraga. (3) Aktivitas fisik yang teratur di usia tua sangat pentig agar seseorang tetap sehat. (4) Dalam penelitian ini, Mark Hamer dari University College London menganalisis informasi dari 3.454 orang lansia sehat yang terlibat dalam studi English Longitudinal Study of Ageing.
Jika dilihat dari pendahuluan di atas, teks eksposisi tersebut termasuk jenis teks eksposisi ....
A. sugestif
B. persuasif
C. eksplanatori
D. argumentatif
29. (1) Menulis merupakan salah satu aktivitas kreativ. (2) Aktivitas menulis dapat digolongkan menjadi menulis konvensional dan menulis modern. (3) Penggolongan ini ditinjau dari alat yang mendukung proses menulis tersebut. (4) Menulis konvensional ialah menulis yang menggunakan alat tulis berupa pensil, pena, dan sebagainya. (5) Menulis modern ialah menulis yang telah menggunakan mesin tulis, misalnya mesin ketik, komputer, dan sebagainya.
Pada teks di atas terdapat penulisan kata yang salah, yaitu kata ....
A. kreativ
B. modern
C. aktivitas
D. konvensioal
30. /apotik dan warung hidup/
Penulisan judul teks tersebut masih belum tepat. Identifikasi kesalahan dalam penulisan judul yang tepat adalah ....
A. penulisan huruf kapital
B. penulisan kata sambung
C. penulisan ejaan pada kata
D. penulisan ejaan pada kata dan penulisan huruf kapital
KUNCI JAWABAN KELAS 7
PAS BAHASA INDONESIA SEMESTER GANJIL
- D
- B
- D
- B
- D
- D
- B
- D
- B
- D
- D
- A
- D
- D
- C
- B
- A
- D
- D
- B
- A
- D
- B
- A
- B
- D
- A
- D
- A
- A
Post a Comment for "Soal Bahasa Indonesia UAS/PAS Kelas 7 SMP Semester 1"