Soal PAS Kelas 9 Semester 1 Bahasa Indonesia
SOAL PAS KELAS 9 SEMESTER 1 BAHASA INDONESIA – SOAL INI MERUPAKAN SOAL LATIHAN YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK BERLATIH UNTUK PERSIAPAN PAS (PENILAIAN AKHIR SEMESTER), SOAL LATIHAN INI TERDIRI DARI 45 BUTIR, SOAL INI BERUPA SOAL PILIHAN GANDA.
DALAM PEMBUATAN SOAL INI, ADMIN LS MUNGKIN MASIH MEMILIKI KEKURANGAN DALAM MENYUSUN SOAL-SOAL TERSEBUT SEHINGGA ADMIN LS MEMBUTUHKAN SARAN DAN KRITIK ATAUPUAN (KASIH KOMENTAR DI KOLOM KOMENTAR YAA) KARENA ITU SANGAT DIBUTUHKAN ADMIN LS. TERIMA KASIH.
SEMOGA BERMANFAAT
I. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Bacalah cuplikan teks berikut.
Pencemaran air banyak sekali kita lihat terutama di kota-kota besar. Air merupakan hal yang penting bagi kehidupan. Air banyak sekali diperlukan untuk berbagai aktivitas kehidupan manusia. Air yang terdapat di alam tidak ada yang betul-betul murni; selalu ada saja zat-zat yang bercampur di dalamnya.
Persoalan yang dibahas dalam cuplikan itu adalah ….
A. pencemaran air
B. zat-zat campuran
C. kehidupan manusia
D. persoalan di kota besar
2. Bacalah cuplikan teks berikut.
Dari penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa pemberian pupuk kandang sapi berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi batang Tanaman, jumlah daun serta biomassa (berat basah) Tanaman kacang hijau.
Judul penelitian yang sesuai dengan cuplikan tersebut adalah ….
A. Pengaruh Tanaman terhadap Kacang Hijau
B. Pengaruh Sapi terhadap Tanaman Kacang Hijau
C. Pengaruh Pupuk Sapi terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau
D. Pengaruh Pupuk Kandang terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau
3. Bacalah cuplikan teks berikut.
Pertumbuhan adalah aktivitas kehidupan yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini karena prosesnya berjalan bersamaan. Pertumbuhan diartikan sebagai suatu proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversible atau tidak dapat kembali ke bentuk semula. Perkecambahan diawali dengan penyerapan air dari lingkungan air, dari lingkungan sekitar biji, baik tanah, udara, maupun media lainnya.
Berdasarkan kata-kata kunci yang digunakannya, dapat disimpulkan bahwa cuplikan tersebut membahas tentang ….
A. penyerapan air
B. lingkungan hidup
C. aktivitas kehidupan
D. pertumbuhan kecambah
4. Bacalah cuplikan teks berikut!
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian lapangan (field research), yaitu dengan cara mengumpulkan data-data dan informasi secara langsung pada lokasi dan obyek penelitian. Setelah itu, dilakukan analisis data dengan penghitungan statistik
Cuplikan laporan tersebut termasuk dalam struktur teks bagian ….
A. pendahuluan
B. metode penelitian
C. teknik pengolahan data
D. waktu dan tempat penelitian
5. Bacalah cuplikan teks berikut.
Larutan adalah campuran homogen antara zat terlarut dengan pelarut. Larutan homogen tidak menampakkan bidang batas (satu fase) antara pelarut dengan zat terlarut. Contohnya larutan garam dapur, larutan asam cuka, dan larutan air kapur. Larutan memiliki sifat tertentu sesuai dengan sifat zat terlarut. Ada larutan bersifat asam seperti larutan asam cuka, ada yang bersifat basa seperti larutan air kapur dan ada yang bersifat netral seperti larutan garam dapur.
Cuplikan tersebut merupakan bagian dari ….
A. teori penelitian
B. hasil penelitian
C. kesimpulan penelitian
D. pembahasan penelitian
6. Bacalah kalimat berikut!
Dari penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa pemberian pupuk kandang sapi berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi batang tanaman, jumlah daun serta biomassa (berat basah) tanaman kacang hijau.
Dalam struktur teks laporan percobaan, kutipan tersebut merupakan bagian ….
A. teori
B. simpulan
C. pembahasan
D. pendahuluan
7. Bacalah teks berikut.
(1)Dari percobaan yang telah kami lakukan, sel tumbuhan memiliki dinding sel, stomata, dan sitoplasma. (2)Hal itu terlihat pada sel gabus, dan sel bawang merah. (3)Percobaan menunjukkan bahwa sel gabus kosong. (4)Hal itu dikarenakan sel gabus merupakan sel tumbuhan yang mati sehingga selnya tidak memiliki organel-organel sel. (5)Struktur sel hidup adalah ruang sel yang berisi nucleus, sitoplasma, dan antar selnya dibatasi oleh dinding sel.
Kalimat yang menyatakan makna kausalitas ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (4)
D. (5)
8. Bacalah teks berikut.
(1)Dampak tanaman akibat etiolasi adalah tanaman tidak dapat melakukan proses fotosintesis. (2)Padahal, proses fotosintesis bertujuan menghasilkan karbohidart yang berperan penting dalam pembentukan klorofil. (3)Karena karbohidrat tidak terbentuk, daun pun tanpa klorofil sehingga daun tidak berwarna hijau, melainka kuning pucat. (4)Kondisi gelap juga memacu produksi hormon auksin.
Kalimat yang menyatakan pertentangan ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
9. Bacalah teks berikut.
Dengan penelitian ini, diharapkan dapat diketahui efek dari sinar matahari terhadap tumbuhan, baik efek positif maupun negatifnya. Selain itu, dapat diketahui pula kondisi yang diperlukan untuk perkecambahan biji kacang hijau serta mengetahui faktor yang memengaruhi biji kacang hijau tersebut untuk berkecambah.
Cuplikan tersebut merupakan bagian dari ….
A. latar belakang
B. teori penelitian
C. manfaat penelitian
D. langkah-langkah penelitian
10. Bacalah teks berikut.
Dari pengamatan terhadap pertumbuhan bijim kacang hijau itu, ditemukan bahwa ternyata tumbuhan membutuhkan cahaya. Banyak sedikitnya cahaya yang dibutuhkan tiap tumbuhan berbeda-beda. Tumbuhan yang berada pada tempat gelap akan lebih cepat tinggi daripada tumbuhan yang berada di tempat terang.
Dalam laporan percobaan, cuplikan tersebut termasuk bagian ….
A. teori
B. metode
C. Simpulan
D. pembahasan
11. Bacalah teks berikut.
(1)Pertumbuhan adalah aktivitas kehidupan yang tidak dapat dipisahkan. (2)Hal ini disebabkan prosesnya berjalan bersamaan. (3)Pertumbuhan diartikan sebagai suatu proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversible atau tidak dapat kembali ke bentuk semula. (4)Perkecambahan diawali dengan penerapan air dari lingkungan air dari lingkungan sekitar biji, baik tanah, udara, maupun media lainnya.
Konjungsi penyebaban dijumpai pada kalimat ….
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
12. Bacalah teks berikut.
Perubahan yang teramati adalah membesarnya biji yang disebuttahap imbibisi. Biji menyerap air dari lingkungan sekelilingnya, baik itu dari tanah maupun dari udara (dalam bentuk uap air ataupun embun). Efek yang terjadi adalah membesarnya ukuran biji. Hal ini disebabkan sel-sel embrio membesar dan bijinya yang melunak.
Berdasarkan hubungan antarkalimatnya, cuplikan itu dikembangkan dengan gaya ….
A. ilustratif
B. kausalitas
C. kronologis
D. komparatif
13. Bacalah teks berikut.
(1)Hadirin sekalian, apa yang dimaksud dengan apotek hidup? (2)Apotek hidup adalah tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat dan ditanam di halaman rumah. (3)Tumbuhan yang dipelihara ini dapat dijadikan obat penyakit tertentu. (4)Misalnya papaya, daunnya berguna untuk menyembuhkan penyakit malaria.
Kalimat yang mengungkapkan gagasan, ditunjukkan nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (2)
C. (3) dan (3)
D. (1) dan (4)
14. Bacalah teks berikut.
Terlebih dahulu marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa. Atas limpahan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada kita sehingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
Penggalan pidato itu berisi ….
A. tujuan berpidato
B. pujian kepada tuan rumah
C. ajakan bersyukur kepada Tuhan
D. kondisi kesehatan orang-orang yang berkumpul
15. Bacalah teks berikut.
Hadirin yang saya hormati, salam sejahtera untuk kita semua. Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-73. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, yaitu bertanah air satu, tanah air Indonesia; berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda.
Kalimat yang merupakan ajakan, dalam teks pidato tersebut adalah ….
A. Mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda.
B. Ajakan memanjatkan doa ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa.
C. Peristiwa pernyataan ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda.
D. Mari kita berkumpul di tempat ini dalam memperingati Sumpah Pemuda.
16. Bacalah teks berikut.
Saudara-saudara yang saya hormati, tema Bulan Bahasa kali ini adalah meningkatkan mutu dan disiplin penggunaan bahasa Indonesia dalam mencerdaskan bangsa. Tanpa peningkatan mutu dan disiplin penggunaan bahasa, maka fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, dan bahasa persatuan akan menjadi pudar. Bahasa Indonesia tidak akan memancarkan kepribadian dan kebanggaan nasionalnya.
Simpulan yang tepat untuk kutipan pidato di atas adalah ….
A. Ajakan untuk meningkatkan mutu dan disiplin berbahasa Indonesia.
B. Meningkatkan mutu dan disiplin berbahasa Indonesia tidak ada fungsinya.
C. Tanpa meningkatkan mutu berbahasa Indonesia, fungsi dan kedudukannya tidak kuat.
D. Bahasa Indonesia tidak dapat memancarkan kepribadian dan kebangsaan nasional.
17. Bacalah teks berikut.
Saat ini kita bangsa Indonesia sedang dalam suasana memperingati Hari Kartini. Hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, khususnya kaum wanitanya sebagai hari kebangkitan kaum wanita Indonesia. Kita tahu bahwa Raden Ajeng Kartini adalah pelopor kaum wanita Indonesia yang menggugah semangat kaumnya untuk beremansipasi sesuai dengan harkat dan martabat wanita. Berkat perjuangan beliaulah, wanita Indonesia mulai maju setapak menyingkap tabir yang selama itu membelenggu kaum wanita di dalam semua segi kehidupan. Wanita yang pada waktu itu hidup dalam kebodohan, akhirnya menjadi sadar bahwasanya mereka pun punya hak hidup layak sebagai orang terhormat dan merdeka, sesuai dengan kodrat kewanitaannya.
Cuplikan pidato di atas mengungkapkan isu tentang ….
A. peran R.A. Kartini
B. sifat dan kodrat kewanitaan
C. suasana peringatan Hari Kartini
D. kiprah wanita dalam perjuangan bangsa
18. Bacalah teks berikut.
Kami adalah kelompok dari Kanada yang terdiri atas anak-anak berusia 12 dan 13 tahun, yang mencoba membuat perbedaan: Vanessa Suttie, Morga, Geister, Michelle Quiq, dan saya sendiri.
Cuplikan teks pidato tersebut termasuk dalam bagian ….
A. isu
B. saran
C. argumen
D. pendapat
19. Bacalah teks berikut.
(1)Coba pikirkan jutaan hewan yang (2)kehilangan rumahnya setiap hari akibat pohon yang ditebang. Jika (3)daur ulang berkelanjutan, kita dapat (4)menyelamatkan banyak hutan yang indah.
Kata-kata yang bermakna persuasif dinyatakan dengan nomor ….
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)
20. Bacalah teks berikut.
Selamat pagi. Peserta yang berbahagia, hari ini kita berkumpul dalam rangka mengikuti pelatihan pengolahan limbah rumah tangga menjadi barang hiasan. Betapa mudahnya menemukan bahan yang diperlukan. Ternyata, dari bahan limbah dapat tercipta hiasan. Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan.
Kalimat yang tepat untuk menutup pidato tersebut adalah ….
A. Selanjutnya, kita kumpulkan hasil pelatihan ini.
B. Pelatihan ini akan dilaksanakan selama enam hari.
C. Terima kasih kepada peserta yang telah bergabung dengan kami.
D. Semoga hasil pelatihan ini dapat diterapkan di daerah masing-masing.
21. Bacalah teks berikut.
1). Pengumpulan bahan
2). Merumuskan isu pidato
3). Menyusun kerangka pidato
4). Mengembangkan kerangka pidato
Langkah-langkah yang benar untuk menyusun teks pidato adalah ….
A. 1-3-4-2
B. 2-1-3-4
C. 2-3-1-4
D. 3-2-1-4
22. Bacalah cuplikan teks berikut.
Sebelum duduk di bawah tugu, sebagai orang kota sejati, aku beberkan sapu tanganku ke rumput supaya pantalon tropikal yang kupakai tidak kotor. Kemudian, aku memandang pada makam sambil menyalakan sigaret lagi. Di sekitar tempat rindang itu matahari memanas terik.
Latar waktu dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. sore hari
B. senja hari
C. siang hari
D. malam hari
23. Bacalah teks berikut.
“Kamu, siswa baru, rupanya pintar, ya?” ejek Indah, ketua kelas. Begitu pula teman-teman yang lainnya mengejek Dita sebagai penyontek ulung. “Aku tidak menyontek, sungguh! Aku mengerjakan sendiri!” Sanggah Dita sembari menekan rasa takut. “Bohong! Buktinya, waktu kamu duduk di belakang itu hasil ulanganmu jelek!” bentak Indah. “Ta… tapi aku tidak menyontek,” kata Dita hampir menangis. “Sudahlah mana ada pencuri mau mengaku atas perbuatannya,” sela Bambang dengan nada mengejek. “Begini saja, kalau kamu memang betul-betul tidak menyontek, nanti kalau ada ulangan lagi, kamu harus duduk di kursi paling belakang sana itu, dan buktikan bahwa kamu pun bisa memperoleh nilai sembilan tanpa Melati!” ujar Indah memberi keputusan.
Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah ….
A. Banyak siswa menuduh Dita menyontek saat ulangan.
B. Indah dituduh menyontek ketika ulangan berlangsung.
C. Bambang merasa jengkel dengan sikap Indah terhadap Dita.
D. Melati memberikan bantuan kepada Dita pada waktu ulangan.
24. Bacalah teks berikut.
Peristiwa pembakaran kampung bagi Warsinah adalah barang baru, suatu kejadian yang belum pernah dialami. Oleh karena itu, ketika mendengar bahwa kampungnya akan dibakar, ia tak percaya. “Masa, ada manusia sekejam itu,” katanya.
Watak tokoh Warsinah adalah ….
A. polos dan jujur
B. mudah percaya pada orang lain
C. tak mudah dipengaruhi orang lain
D. tidak mudah percaya perkataan orang lain
25. Bacalah teks berikut.
Cerpen ini mengisahkan seorang pelajar yang ingin hidup mandiri, yang tidak menggantungkan kebutuhan sehari-hari pada orang tuanya. Banyak orang yang terpengaruh dari sikap anak tersebut.
Unsur yang ditanggapi dalam paparan tersebut adalah ….
A. tema
B. alur
C. latar
D. penokohan
26. Bacalah teks berikut.
Rumahnya berada tepat di kolong jembatan itu. Tempatnya sempit dan hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki. Kondisi rumahnya pun sangat menyedihkan. Dindingnya hanya terbuat dari triplek, atapnya bocor, dan lantainya beralaskan tanah. Jika hujan turun, ia harus mengungsi karena banjir yang selalu datang meski hujan tidak deras.
Cara penggambaran karakter tokoh dalam kutipan tersebut adalah ….
A. perilaku
B. tata bahasa tokoh
C. menyebutkan secara langsung
D. lingkungan kehidupan pikiran tokoh
27. Bacalah teks berikut.
Mula-mula Parmin mengambil air sendiri dari sungai. Air itu kemudian disiramkan ke tanamannya. Ia berharap perlakuannya terhadap tanaman bisa dilihat oleh petani-petani lain. Apabila para petani telah mengetahui hasil panen tanaman yang disirami lebih baik daripada yang tidak disirami, mudah bagi Parmin untuk mengajak petani-petani tersebut. Bagi Parmin yang penting adalah memberi keteladanan tentang cara bertani yang baik.
Cuplikan cerita pendek tersebut merupakan struktur bagian ….
A. abstrak
B. resolusi
C. orientasi
D. komplikasi
28. Bacalah teks berikut.
(1)Reni dan Nina mendatangi rumah Evi pagi tadi. (2)Namun, rumah Evi sepertinya kosong karena pintu rumahnya terkunci. (3)Mereka berniat untuk menjenguk Evi yang sedang sakit demam berdarah sehingga tidak dapat masuk sekolah. (4)Akhirnya, mereka menelepon orang tua Evi yang ternyata sedang berada di rumah sakit.
Kata yang menyatakan urutan waktu pada cuplikan tersebut terdapat pada nomor ….
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
29. Bacalah cuplikan teks berikut.
(1) Arya lalu berjalan menuju ruang belajar.
(2) Perlahan-lahan dibukanya pintu ruangan itu.
(3) Besok Ibu akan memberi ulangan Matematika.
(4) Di ruangan itulah biasanya Ibu mempersiapkan soal-soal ulangan.
Penyusunan kalimat yang tepat untuk sebuah teks cerpen adalah ….
A. (1)-(3)-(4)-(2)
B. (1)-(4)-(2)-(3)
C. (3)-(1)-(4)-(2)
D. (3)-(4)-(1)-(2)
30. Bacalah teks berikut.
Adapun kekurangannya, para penonton kurang nyaman ketika pergantian seting, terlalu lama sehingga penonton merasa jenuh. Selain itu, waktu black out panggung masih terlihat samar-samar.
Informasi yang terdapat dalam tanggapan tersebut berupa ….
A. saran
B. kritik
C. pujian
D. sanggahan
31. Bacalah teks berikut.
Sebaiknya, Saudara menggunakan ungkapan yang sederhana dalam menyampaikan informasi tersebut agar dapat lebih mudah dipahami setiap kalangan, tidak hanya oleh kalangan intelektual saja.
Cuplikan tersebut berisi informasi berupa ….
A. saran
B. kritik
C. pujian
D. sanggahan
32. Bacalah cuplikan teks berikut.
Penggunaan bahasa dalam berita itu sudah cukup jelas sehingga tidak menimbulkan kebingungan pada diri pendengar. Pendengar akan mudah untuk memahami informasi yang disampaikan oleh pembawa berita tersebut.
Cuplikan tersebut berisi informasi berupa ….
A. saran
B. kritik
C. pujian
D. sanggahan
33. Bacalah teks berikut.
Sempat lampu damar kurung tiba-tiba menjadi heboh karena sering dipamerkan di beberapa kota dan dianggap sebagai karya seni sehingga membuat beberapa pejabat pusat bahkan Presiden menjadi tertarik. Akhirnya, Pemerintah Kabupaten Gresik menjadikan damar kurung sebagai mascot Kota Gresik. Ironisnya, masyarakat Gresik sendiri kurang memerhatikan apalagi memedulikan keberadaannya. “Sekarang damar kurung hanya menjadi sebuah hiasan, bahkan masyarakat Gresik sendiri kini banyak yang tidak mengenal dan memahami fungsi serta maknanya,” terang Samadji yang berusia 34 tahun ini. Ia juga berharap pemerintah lebih memperhatikan kehidupan pekerja seni yang melestarikan tradisi seperti keluarganya.
Simpulan yang sesuai dengan cuplikan tersebut adalah ….
A. Perlu ada promosi yang serius dari setiap kegiatan seni.
B. Pemodalan merupakan aspek utama perkembangan kehidupan seni suatu daerah.
C. Diperlukan adanya perhatian pemerintah terhadap pekerjaan seni untuk lebih berkembang.
D. Perlu adanya kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah di dalam mengembangkan kesenian.
34. Bacalah teks berikut.
Cuplikan I Sahabat yang sejati ialah sahabat yang selalu pengertian. Hal yang harus dimiliki oleh kita semua ialah keyakinan. Denga keyakinan, kita dapat menaklukkan apa saja yang membuat kita lemah.
Cuplikan II Buku 5cm ini menceritakan tentang persahabatan lima orang anak muda yang menjalin persabatan selama tujuh tahun. Mereka diantaranya bernama Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta. Mereka adalah sahabat yang kompak, memiliki obsesi dan impian masing-masing. Mereka selalu pergi bersama dan bertemu setiap saat. Hal itu membuat mereka bosan bertemu setiap hari. Akhirnya, mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi selama tiga bulan. |
Simpulan yang benar tentang kedua cuplikan di atas adalah ….
A. cuplikan I menyatakan amanat, cuplikan II merupakan deskripsi.
B. cuplikan I merupakan konteks, cuplikan II merupakan deskripsi.
C. cuplikan I merupakan deskripsi, cuplikan II merupakan konteks
D. cuplikan I merupakan penilaian, cuplikan II merupakan konteks.
35. Bacalah teks berikut.
Krisis air sudah terasa oleh masyarakat Cekungan Bandung, seperti ketika memasuki musim kemarau. Warga yang semula dapat memenuhi kebutuhan air bakunya dari sungai, kini sudah tak diharapkan lagi karena kualitas air yang semakin menurun. Mata air pun hanya tinggalkan jejak yang terabadikan dalam toponimi, seperti nama-nama geografi Sekelola, Sekelimus, Sekebirus, dll.
Objek yang ditanggapi dalam teks tersebut tentang ….
A. gejala sosial
B. perubahan budaya
C. pendapat seseorang
D. keadaan lingkungan
36. Bacalah teks berikut ini.
Nilai moral yang kedua adalah hendaknya kita mau memaafkan kesalahan orang lain yang sudah bertobat. Jangan seperti tokoh Ayah Hasan yang tidak mau memaafkan kesalahan anaknya bahkan sampai ajal menjemputnya. Manusia adalah tempat salah dan lupa. Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan, tetapi suatu saat juga akan kembali ke jalan yang benar. Jika Tuhan saja maha pengampun, pengasih, dan penyanyang, mengapa manusia tidak bisa, apalagi demi memaafkan anaknya sendiri.
Cuplikan tersebut dalam teks tanggapan termasuk dalam bagian ….
A. konteks
B. deskripsi
C. orientasi
D. penilaian
37. Bacalah teks berikut ini.
Jika ditanyakan kepada siapa pun yang pernah mempelajari kesusastraan Indonesia selama 30 tahun terakhir tentang siapa itu Marco Kartodikromo, atau lebih populer dikenal Mas Marco, mungkin tidak sampai seperseratus persen yan pernah mendengar namanya. Bukan suatu kesalahan jika Mas Marco tidak dikenal. Nama dan karyanya seperti Student Hidjo memang tidak pernah disinggung ataupun dimasukkan ke dalam karya sastra.
Dalam struktur teks tanggapan, bagian tersebut merupakan ….
A. konteks
B. orientasi
C. deskripsi
D. penilaian
38. Bacalah teks berikut ini.
(1)Citarum sudah nyata memberikan kehidupan bagi jutaan manusia sejak lama. (2)Citarum juga memberikan kehidupan bagi jutaan manusia yang terkait dengan air Citarum. (3)Aliran air ini semula menjadi nadi peradaban. (4)Sepanjang sungai menjadi pusat-pusat perkembangan budaya, tempat berbagai komunitas warga bertemu, saling tukar barang, dan pengetahuan.
Dalam struktur teks tanggapan, bagian tersebut merupakan ….
A. saran
B. konteks
C. deskripsi
D. penilaian
39. Bacalah cuplikan teks berikut.
Setiap hari kita diingatkan agar kita lebih peduli terhadap lingkungan kita. Namun, ternyata tidak mudah untuk peduli terhadap lingkungan atau bergaya hidup “hijau” atau sebenarnya mudah?
Isu yang dibahas di dalam cuplikan tersebut adalah tentang ….
A. gaya hidup
B. peristiwa sehari-hari
C. kemudahan di dalam kehidupan
D. kepedulian terhadap lingkungan
40. Di antara kata berikut yang
Sebagai anggota piket di ruang OSIS ini, kita harus siap setiap saat melaksanakan tugas yang mungkin mendadak dari bapak Pembina kita.
Kalimat pernyataan pro yang tepat atas pernyataan tersebut adalah ….
A. Apakah setiap anggota pasti dalam kondisi prima?
B. Seorang anggota tidak perlu ragu akan sikapnya itu.
C. Ia betul karena memang setiap anggota harus selalu siap dengan tugas.
D. Mengapa seorang anggota wajib siap kerja bakti untuk organisasi kita ini?
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
41. Bacalah cuplikan teks berikut.
a. Pengangkutan intrafasikular, pengangkutan yang berlangsung di dalam berkas pembuluh angkut air akan bergerak menuju daun melalui pembuluh darah xylem akibat adanya daya kapilaritas pada pembuluh xylem. Pembuluh xylem membentuk seperti pipa-pipa kecil yang dapat mengangkut air lebih kuat dibandingkan dengan pipa yang besar. Selanjutnya, pada daun terjadi transparasi (penguapan). Adanya peristiwa transparasi akan mengakibatkan aliran air dan garam mineral dari batang ke daun. Hal ini disebut sebagai kemampuan daun mengisap air dan garam mineral. b. Kincir angin bisa dibuat secara mudah dengan memanfaatkan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dengan menggunakan baterai ataupun sumber energi lainnya. Baterai itu disambungkan pada kabel, menyambung juga pada dynamo. Bagian ujung kumparannya dibentuk seperti kincir angin. Dengan demikian, kincir itu akan berputar layaknya kincir angin yang sesungguhnya. |
a. Masalah apakah yang dibahas dalam dua cuplikan (a) dan (b) tersebut? (Skor 10)
b. Buatlah Simpulan berdasarkan kedua cuplikan (a) dan (b) tersebut! (skor 10)
42. Bacalah cuplikan teks berikut.
a) Saudara-saudara, agar pekerjaan kita lancar, perlu dipersiapkan alat-alat, seperti: cangkul, sekop, arit dan lain-lain. Oleh karena itu, saya mengharapkan pengertian dari Saudara untuk melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Terima kasih. b) Hadirin seklian, apakah yang dimaksud dengan apotek hidup? Apotek hidup adalah tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat dan dapat ditanam di halaman rumah. Tumbuhan yang dipelihara ini dapat dijadikan obat penyakit tertentu. Misalnya papaya, daunnya berguna untuk menyembuhkan penyakit malaria. |
Hal apakah yang dibahas dalam dua cuplikan teks tersebut? Berilah penjelasan! (Skor 10)
43. Tulislah sebuah teks pidato persuasif bertema pendidikan atau sosial masyarakat dengan mengikuti pedoman atau struktur teks pidato persuasif (pengenalan isu, rangkaian argumen, dan pernyataan ajakan). (Skor 10)
44. Bacalah cuplikan teks berikut.
Pertandingan sepak bola antara kesebelasan Garuda dengan Elang Putih berlangsung sangat seru. Mereka saling menyerang selama dua kali empat puluh lima menit, tiada henti. Para pemain seolah-olah tak merasa kelelahan. Bola bergulir berganti-ganti arah tampak dinamis dan menarik untuk ditonton. Keadaan gawat di depan gawang pun silih berganti. Tembakan-tembakan keras para pemain depan membuat suasana tambah memukau. Akhirnya, pertandingan dimenangkan kesebelasan Garuda. |
Tulislah kesimpulan isi teks tersebut dalam bentuk tanggapan berupa kritik atau pujian! (Skor 10)
45. Bacalah cuplikan teks berikut.
Kalau memang sudah terkena anemia, jenis-jenis asupan alamiah seperti dari makanan, sudah tidak praktis lagi. Hal ini disebabkan karena makanan berzat besi perlu dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan itu tidak memungkinkan. Oleh karena itu, asupan zat besi perlu ditambahkan sampai anemianya terkoreksi. |
Tulislah pendapat yang mendukung terhadap pernyataan tersebut! (Skor 10)
KUNCI JAWABAN KELAS IX K 13
PAS BAHASA INDONESIA SEMESTER GANJIL
1. A
2. D
3. D
4. B
5. A
6. B
7. C
8. C
9. C
10. C
11. B
12. A
13. B
14. C
15. A
16. A
17. A
18. A
19. D
20. D
21. B
22. C
23. A
24. D
25. D
26. D
27. C
28. B
29. C
30. B
31. A
32. C
33. C
34. A
35. D
36. B
37. A
38. C
39. D
40. C
Kunci Jawaban Uraian:
1) Masalah yang dibahas dalam cuplikan teks diatas adalah: (Skor maksimal 10)
a) Adanya pengangkutan intrafasikular di dalam berkas pembuluh angkut air yang bergerak menuju daun melalui pembuluh darah xylem
akibat adanya daya kapilaritas pada pembuluh xylem. Pembuluh xylem membentuk seperti pipa-pipa kecil yang dapat mengangkut
air lebih kuat dibandingkan pipa yang besar. Pada daun terjadi transparansi (penguapan). Adanya transparansi mengakibatkan aliran air
dan garam mineral dari batang ke daun.
b) Kincir angin bisa dibuat secara mudah dengan memanfaatkan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan baterai
atau sumber energi yang lain. Baterai itu disambungkan pada kabel, menyambung juga pada dynamo. Bagian ujung kumparannya
dibentuk seperti kincir angin. Maka kincir itu akan berputar seperti kincir angin yang sesungguhnya.
Simpulan berdasarkan cuplikan teks diatas adalah: (Skor maksimal 10)
a) Adanya pengangkutan intrafasikular di dalam berkas pembuluh angkut air yang bergerak menuju daun melalui pembuluh darah xylem
akibat adanya daya kapilaritas pada pembuluh xylem. Pembuluh xylem membentuk seperti pipa-pipa kecil yang dapat mengangkut air
lebih kuat dibandingkan pipa yang besar. Pada daun terjadi transparansi (penguapan). Adanya transparansi mengakibatkan aliran air
dan garam mineral dari batang ke daun.
b) Kincir angin bisa dibuat secara mudah dengan memanfaatkan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan baterai
atau sumber energi yang lain. Baterai itu disambungkan pada kabel, menyambung juga pada dynamo. Bagian ujung kumparannya
dibentuk seperti kincir angin. Maka kincir itu akan berputar seperti kincir angin yang sesungguhnya.
2) Jawab:
a) Saudara-saudara, agar pekerjaan kita lancar, perlu dipersiapkan alat-alat, seperti: cangkul, sekop, arit dan lain-lain. Oleh karena itu,
saya mengharapkan pengertian dari Saudara untuk melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Terima kasih.
Jawab:
Hal yang dibahas dalam cuplikan a) berisi ajakan agar kita mempersiapkan alat-alat untuk bekerja agar pekerjaan kita lancar.
Alat-alat tersebut antara lain cangkul, sekop, arit dan lain-lain.
b) Hadirin seklian, apakah yang dimaksud dengan apotek hidup? Apotek hidup adalah tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat
dan dapat ditanam di halaman rumah. Tumbuhan yang dipelihara ini dapat dijadikan obat penyakit tertentu. Misalnya papaya,
daunnya berguna untuk menyembuhkan penyakit malaria.
Jawab:
Hal yang dibahas dalam cuplikan di atas adalah tentang apotek hidup, yaitu tumbuhan yang ditanam di halaman rumah yang
berkhasiat sebagai obat untuk penyakit tertentu misalnya papaya bisa untuk menyembuhkan penyakit malaria.
3) Jawab: (Skor maksimal 10)
Sesuai kreativitas peserta didik
4) Tanggapan terhadap isi teks di atas: (Skor maksimal 10)
a) Tembakan-tembakan keras para pemain depan membuat suasana tambah memukau.
b) Bola bergulir berganti-ganti arah tampak dinamis dan menarik untuk ditonton.
c) Pertandingan sepak bola antara kesebelasan Garuda dan Elang Putih memang sangat seru.
5) Jawab:
Orang yang sudah terkena anemia harus mengonsumsi zat besi dalam jumlah yang banyak. Karena, jenis-jenis asupan alamiah seperti dari makanan,
sudah tidak praktis lagi. Hal ini disebabkan karena makanan berzat besi perlu dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan itu tidak memungkinkan.
Oleh karena itu, asupan zat besi perlu ditambahkan sampai anemianya terkoreksi.
Post a Comment for "Soal PAS Kelas 9 Semester 1 Bahasa Indonesia"